arif Iqbal Seorang hamba yang memiliki rasa ingin tahu untuk mempelajari Makhluk Hidup, Teknologi, Otomotif, Makanan, dan Gaya Hidup.

Ini Dia 3 Cara Menanam Bunga Honje Dengan Mudah

1 min read

bunga honje

Cara menanam bunga honje tidaklah susah. Namun, Anda perlu memperhatikan beberapa hal agar tanaman tersebut menjadi subur dan cepat berbunga. Seperti saat memilih bibit, jenis tanah yang digunakan, sinar matahari, dan lain sebagainya.

Bunga honje sendiri sangat mirip dengan tanaman lengkuas dan jahe. Namun, sayangnya honje cukup berbeda dari keduanya. Bunga honje bisa dimanfaatkan sebagai sayuran. Mulai dari batang hingga bunganya bisa diolah menjadi lalapan.

Sekilas Tentang Bunga Honje

Bunga ini memiliki banyak nama, lain negara atau daerah namanya juga beda. Sebagai contoh, dikutip dari wikipedia, nama honje untuk daerah Medan bernama kincung dan Bunga Rias untuk daerah Tapanuli utara ada juga yang menyebutnya dengan kecombrang.

Bunga ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Misalnya, sebagai antioksidan atau radikal bebas dalam tubuh. Hal itu tentu saja karena kandungan vitamin C nya sangat tinggi. selain itu, banyak masyarakat yang meyakini bunga ini bisa menetralisir kolestrol.

Bagi Anda yang belum mengetahui cara menanamnya dengan pasti, simak artikel ini sampai akhir ya.

Cara Menanam Bunga Honje

1. Siapkan Bibit

Cara paling dasar ialah siapkan bibitnya terlebih dahulu. Bibit ada dua macam, yaitu bibit tunas dan bibit melalui stek batang. Nah, kali ini kami akan membahas bibit melalui tunas. Anda bisa langsung mengambil honje yang baru tumbuh.

Caranya, potong bagian yang rimpang dan melekan pada batang induk, Anda bisa mencungkilnya dengan hati-hati agar tidak merusak akarnya.

Kemudian penyiapan bibit melalui stek batang. Caranya sebagai berikut ini:

  • Carilah batang honje yang sudah tua dan rumpun
  • Lalu potong dekat pangkalnya
  • Pangkas semua daun yang berada di sana dan tinggalkan batang sepanjang 25-30 cm untuk stek dari pangkalnya
  • Rendam dalam air hingga muncul tunas yang baru

2. Proses penyemaian

Setelah bibit honje sudah siap, sekarang saatnya semai pada polybag atau pot. Berikut langkah-langkahnya:

  • Buat lubang semai di tengah polybag
  • Tanam bibit bunga honje
  • Lalu tutup menggunakan tanah
  • Siram secukupnya menggunakan air bersih
  • Dan letakkan pada tempat yang teduh dan segar

3. Proses menanam

Selanjutnya proses penanaman honje ke lahan. Pastikan memindah tanaman tersebut setelah memiliki ketinggian antara 50-60 cm. Carilah lahan yang mengandung banyak kandungan unsur hara, kaya bahan organik dan memiliki sistem air yang mengalir dengan baik. Jangan lupa sinar matahari yang cukup.

Setelah semuanya terjamin bagus. Bersihkan semua tanaman atau semak-semak yang berada di sana. Kemudian buatlah lubang tanam dengan jarak 40-60 cm antar tanaman. Agar semakin subur, Anda bisa menambahkan pupuk kandang atau kompos.

4. Cara perawatan

Cara merawat bunga honje tidaklah sulit. Anda cukup menyiramnya secara teratur 2 kali dalam sehari, yaitu pada saat pagi dan malam hari. Pastikan tidak ada gulam atau rumput-rumput di samping tanaman bunga honje.

Sementara itu, memang benar bunga ini butuh paparan sinar matahari sepanjang hari. Namun, jika Anda ingin tanaman ini subur dan sering berbunga maka bisa tanam di lahan yang relatif rindang. Terakhir, pada proses pemupukan Anda bisa memilih pupuk kandang atau kompos dengan takaran yang pas. Tapi semakin sering memberikannya pupuk tersebut akan semakin bagus. Jika Anda ingin memberikan pupuk kimia juga boleh-boleh saja asalkan jangan terlalu banyak dan jangan lupa untuk mencampurnya dengan pupuk kandang.

Terimakasih telah mengunjungi situs Kangaroo MyID. Ingin info terupdate seputar Makhluk Hidup, Teknologi, Otomotif, Makanan, dan Gaya Hidup? Klik tombol ikuti di bawah gambar.

arif Iqbal Seorang hamba yang memiliki rasa ingin tahu untuk mempelajari Makhluk Hidup, Teknologi, Otomotif, Makanan, dan Gaya Hidup.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!