arif Iqbal Seorang hamba yang memiliki rasa ingin tahu untuk mempelajari Makhluk Hidup, Teknologi, Otomotif, Makanan, dan Gaya Hidup.

Cara Membuat Cenil Cantik yang Mudah dan Praktis

1 min read

cara membuat cenil cantik

Cara Membuat Cenil Cantik

Cenil merupakan salah satu jajanan khas Indonesia dan sering di jual di pasar tradisional. Perpaduan tekstur yang kenyal dan rasa manis legit dari gula merah menjadikan cemilan satu ini banyak digemari. Mau membuat jajanan ini sendiri di rumah? Simak cara membuat cenil cantik berikut ini.

Apa itu Cenil?

Cenil ini sangat banyak ditemukan di pasar tradisional wilayah Jawa. Rasanya yang legit karena perpaduan gula merah dan kelapa menjadikan cenil sangat digemari mulai dari kalangan anak-anak sampai dengan orang dewasa. Ciri khas dari makanan satu ini adalah lengket-lengket gulanya.

Bentuknya bervariasi seperti lonjong, bulat, dan lain sebagainya. Inilah yang juga menjadi daya tarik dari cenil. Warnanya juga beragam, ada yang hijau, pink, dan sebagainya. Seperti yang telah disebutkan, makanan satu ini disajikan dengan gula merah dan kelapa parut, serta kreasi yang unik-unik.

Alat dan Bahan yang Dibutuhkan untuk Membuat Cenil

Peralatan dan bahan untuk membuat cenil yang cantik cukup mudah untuk ditemukan. Untuk alatnya ada kompor, baskom, pisau, serok, centong, piring, garpu, gelas, dan sendok. Tentunya, Anda sudah memiliki alat-alat tersebut di dapur.

Baca Juga : Resep Kue Cum Cum | Cream Horn Pastry Enak Ala Rumahan Tradisional

Kemudian, untuk bahannya, Anda bisa menyiapkan 400 gram tepung kanji, dan pewarna makanan aneka macam (hijau, kuning, pink). Kemudian, siapkan garam secukupnya, 215 ml air, dan 8 – 10 lembar daun pandan yang dipotong-potong.

Siapkan juga 6 sendok makan gula pasir dan ½ butir kelapa yang setengah tua, kupas sekalian dan parut memanjang. Jangan lupa untuk menyiapkan 2 liter lagi air untuk merebus cenil setelah adonan jadi. Akan lebih baik lagi jika persiapan air dilebihkan.

Langkah Membuat Cenil yang Cantik

Cara membuat cenil cantik cukup mudah untuk diikuti. Pertama, yang harus Anda lakukan adalah memasak air dan garam sampai mendidih. Kemudian, masukkan larutan tepung kanji sambil terus diaduk sampai adonan mengental. Jika sudah mengental, adonan tersebut bisa diangkat.

Setelah diangkat dari kompor, aduk lagi adonan tersebut sampai rata mengental dan menjadi dingin. Kemudian, sisa tepung kanji baru bisa dimasukkan sedikit demi sedikit. Uleni adonan sampai merata, lalu bagi menjadi 3 bagian. Setiap bagian ini bisa diberi warna yang berbeda.

Kemudian, ambil 1 sendok makan adonan pada setiap warna dan rekatkan menjadi satu. Setelah itu, gulung sampai berbentuk bulat, lonjong, atau dipotong-potong memanjang. Selanjutnya, Anda tinggal merebus air dan daun pandan dengan api kecil. Adonan yang sudah dibentuk tadi kemudian dimasukkan.

Rebus adonan tersebut sampai mengapung (tanda sudah matang) kemudian angkat dan tiriskan sebentar. Selanjutnya, tinggal taburkan gula atau siram dengan gula merah yang telah dicairkan. Terakhir, taburkan parutan kelapa paling atas. Kini, cenil sudah siap dinikmati.

Manfaat Makan Cenil untuk Kesehatan

Sebenarnya, selain enak, cenil juga bisa bermanfaat bagi kesehatan. Salah satunya bisa melancarkan pencernaan. Adanya kandungan pati resisten memiliki fungsi hampir sama dengan serat yang bisa membantu melancarkan pencernaan.

Selain itu, juga bisa bermanfaat untuk mencegah terjadinya sembelit. Berhubungan dengan manfaat sebelumnya, sembelit biasanya disebabkan karena pencernaan tidak lancar dan feses mengeras. Sedangkan cenil mengandung bahan serat tinggi yang bisa menghindarkan dari gejala sembelit tersebut.

Itu dia urutan bagaimana cara membuat cenil cantik di rumah yang tentunya tetap sehat dan bermanfaat bagi kesehatan. Warna-warni yang menarik bisa membuat anak-anak juga akan suka makan cenil ini untuk camilan sehat serta melestarikan jajanan tradisional.

Mautau beragam cara dan resep membuat aneka makanan cantik? Kunjungi terus https://kangaroo.my.id/ terimakasih.

arif Iqbal Seorang hamba yang memiliki rasa ingin tahu untuk mempelajari Makhluk Hidup, Teknologi, Otomotif, Makanan, dan Gaya Hidup.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!