arif Iqbal Seorang hamba yang memiliki rasa ingin tahu untuk mempelajari Makhluk Hidup, Teknologi, Otomotif, Makanan, dan Gaya Hidup.

Begini Cara Mudah Menanam Bunga Matahari Agar Cepat Tumbuh

1 min read

menanam bunga matahari

mewujudkan rumah asri nan indah tak perlu menggunakan perabotan yang mewah. Anda bisa menghiasi dengan tanaman cantik dan terawat. Salah satu tanaman yang banyak dipilih ialah bunga matahari. Sayangnya, masih banyak orang yang belum tahu cara menanam bunga matahari yang benar.

Sehingga kebanyakan bunga tersebut tidak tumbuh atau menjadi kerdil. Jika Anda ingin mencoba untuk menanam bunga matahari. Simak artikel ini sampai akhir ya. Cara yang kami paparkan juga sangat mudah, cocok diterapkan oleh pemula.

Cara Mudah Menanam Bunga Matahari dengan Mudah

Bunga matahari menjadi pilihan banyak orang karena menampilkan kesan ceria dengan warna kuning cerahnya. Siapa sih yang tidak suka melihat bunga matahari, apalagi jika bunganya besar-besar.

1. Pilih lokasi di luar ruangan

Langkah pertama, kita mulai dari menentukan lokasi bunga akan ditanam. Sesuai namanya, bunga matahari menyukai sinar matahari, lho. Oleh karena itu, Anda bisa menanam bunga ini di halaman depan atau samping rumah dan pastikan tanahnya subur.

Dilansir pada Gardening Blog, jenis bunga matahari kecil bisa ditanam pada pot berukuran 30-40 sentimeter. Namun, jika Anda ingin bunga ini tumbuh subur dan tinggi sebaiknya ditanam pada tanah.

Berikut tips sebelum menanam bunga matahari di tanah:

  • Bunga matahari akan lebih baik jika berada di bawah sinar matahari langsung selama 6-8 jam per hari. Hal ini juga mempengaruhi kualitas bunga mereka.
  • Bunga ini juga memiliki akar yang panjang. Sehingga Anda perlu untuk menggali tanah dengan kedalaman yang cukup. Idealnya, Anda bisa menggali sekitar 60-90 cm dan pastikan tanah tidak padat.
  • Meskipun termasuk tidak membutuhkan perawatan yang rumit. Bunga matahari akan lebih baik jika ditanam pada tanah yang memiliki pH 6.0-7,5.
  • Bunga matahari termasuk pemakan berat, sehingga pastikan saat menggali tanah Anda sertakan pupuk kompos atau pupuk organik.
  • Satu tips lagi, pastikan bunga matahari terlindung dari angin kencang. Untuk menyiasatinya, Anda bisa  meletakkan di dekat pagar atau dekat bangunan.

2. Memilih bibit bunga matahari yang sehat

Untuk mendapatkan bibit bunga matahari yang sehat, Anda bisa membelinya pada toko bunga. Harus Anda ketahui, bibit bunga matahari memang sedikit mirip dengan kuaci namun berbeda. Oleh karena itu, kami menyarankan Anda membelinya pada toko bunga agar mendapatkan bibit bunga matahari yang benar dan pasti.

Berikut tips yang harus diperhatikan saat memilih biji bunga matahari:

  • Memilih toko bunga matahari yang memiliki ulasan baik
  • Kuaci tanam biasanya lebih kecil dibandingkan kuaci makan
  • Bibit dari jenis bunga matahari memiliki warna dan bentuk yang berbeda

Untuk memastikan bibit tersebut baik atau tidak, Anda bisa meredamnya ke dalam air selama 5-10 menit. Jika mengapung berarti bibit tersebut kurang baik. Begitu pula sebaliknya, jika tidak berarti bibit tersebut layak Anda tanam.

3. Cara menanam bunga matahari di tanah

Berikut langkah-langkahnya:

  • Gemburkan tanah dan tambahkan kompos sebanyak 6-10 cm
  • Gali lubang sedalam 2,5 cm dengan jarak 45 cm antar tanaman untuk ukuran bunga matahari berjenis besar
  • Taruh benih pada setiap lubang dan tutup kembali
  • Berikan pupuk organik di sekitar area tanam
  • Siram dengan air, namun pastikan sedikit saja dan tidak banjir.

Anda bisa menambahkan pupuk ringan agar tanaman kuat ketika diterpa angin. Demikianlah cara menanam bunga matahari. Sangat mudah bukan? Semoga bermanfaat!

arif Iqbal Seorang hamba yang memiliki rasa ingin tahu untuk mempelajari Makhluk Hidup, Teknologi, Otomotif, Makanan, dan Gaya Hidup.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!