arif Iqbal Seorang hamba yang memiliki rasa ingin tahu untuk mempelajari Makhluk Hidup, Teknologi, Otomotif, Makanan, dan Gaya Hidup.

Tanaman Air Hias Java Moss, Harga Dan Kecocokannya Dengan Ikan

3 min read

tanaman air hias java moss

Tanaman Air Hias Java Moss

Salah satu cara menghias ruangan yang paling sederhana adalah dengan menambah ‘Aquarium’ atau Aquascape di rumah. Sayangnya, aquarium tidak mutlak langsung menyulap rumah kamu menjadi estetik dan menarik ya. Karena untuk menjadikannya demikian menarik, kamu perlu menambahkan tanaman air hias. Saat ini, lumayan banyak tanaman air hias java moss yang bisa kamu pilih.

Dan yang tidak kalah pentingnya adalah, tanaman hias ini bukan hanya sekedar membuat tampilan aquascape dan rumah kamu menjadi lebih indah, melainkan bisa membantu system filter aquarium untuk penyaringan air. Salah satu tanaman yang sangat recommended untuk kamu pilih adalah Java Moz.

Karena jika dibandingkan dengan tanaman air hias lainnya, Java Moz ini terbilang banyak memberikan kebaikan bagi ekosistem dalam aquarium kamu loh. Karena selain bisa membantu sistem penyaringan, ia juga bisa memberikan oksigen atau sistem aerasi untuk biota hidup yang ada di dalam aquascape. Bahkan, ikan-ikan yang ada akan menjadikan tumbuhan ini sebagai rumah mereka. Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa penjelasan lengkapnya.

Mengenal Java Moz

tanaman air hias Java Moss

Tanaman air hias satu ini merupakan salah satu tanaman yang sangat populer digunakan untuk aquarium. Dan kerap menjadi pilihan banyak orang dikarenakan perawatannya yang simple dan mudah. Tanaman yang indah ini cenderung tumbuh di atas batu atau kayu yang mengapung. Yang ketika diletakkan ke dalam aquarium, maka ia akan terletak di bagian dasar aquarium, sehingga bisa menjadi pelindung bagi bayi ikan yang baru lahir.

Menariknya, tumbuhan ini bisa tumbuh  dengan berbagai macam intensitas cahaya, bisa diletakkan dengan cahaya yang tinggi, rendah, atau bahkan sedang. Untuk suhunya sendiri mulai dari 21 hingga 32 derajat . Dengan demikian, kita bisa melihat sendiri, betapa fleksibelnya Jva Moz ini.

Nama latin Java Moss adalah Taxiphyllum barbieri, dan merupakan genus Vesicularia. Selain itu, ia juga termasuk kategori lumut produktif. Tumbuhan ini berasal dari wilayah Asia Tenggara. Untuk tampilannya sendiri terbilang sangat menakjubkan. Apalagi jika kamu aplikasikan ke bagian dasar aquarium. Tanaman ini juga bisa kamu letakkan bagai hamparan seperti karpet di aquarium.

Dengan demikian, tampilannya akan terlihat lebih menarik, dan seolah sedang membuat sebuah fantasi layaknya padang savana di dalam air. Atau, kamu juga dapat mengingat tumbuhan ini ke sebuah ranting pakai benang. Sehingga mempunyai tampilan layaknya  pohon yang memiliki daun yang rimbun.

Jika kamu memang bisa mengoperasikannya ke dalam bentuk yang lain, tentu akan jauh lebih baik. Tampilannya yang memukau juga menjadi salah satu alasan mengapa Java Moss menjadi primadonanya orang-orang pecinta aquarium dan tanaman air hias.

Kecocokannya dengan Ikan

Java Moss Mempunyai keunikan yang berbeda dengan tanaman lain. Yakni cocok dengan hampir semua jenis ikan. Dan nyaris semua ikan tidak mau memakannya. Dan yang tidak kalah menariknya adalah, ikan koi yang dalam keadaan sangat lapar pun tidak mau memakannya, seolah-olah membiarkan tumbuhan ini tetap tampil anggun di aquarium.

Tak hanya itu saja, beberapa gerakan ikan yang sangat aktif pun tidak lantas membuat tanaman hias ini mati. Sudah tampilannya cantik, mudah dirawat, fleksibel, memiliki daya tahan yang sangat baik, tentu tidak ada alasan lagi untuk tidak memilih Java Moz. Ia kan? Maka, bagi kamu yang tidak suka repot, tidak suka hal yang ribet, tentu tanaman hias ini merupakan alternatif yang sangat baik.

Biasanya, peternak ikan akan melemparkan Moz ke dalam kolam, dengan ukuran segenggam tangan orang dewasa untuk sarang ikan ketika menempatkan telurnya. Karena ketika anaknya lahir, maka tanaman ini akan menjadi persembunyian anak-anak ikan tersebut. Bahkan, gumpalan-gumpalannya juga akan membuat lingkungan mikroskopis khusus atau sendiri.

Lingkaran mikroskopis itu apa? Jadi, yang dimaksud dengan lingkaran mikroskopis ini adalah tempat tinggal untuk jasad renik yang bisa menjadi sumber makanan ikan yang kecil. Terutama bagi ikan yang baru saja menetas. Ini keren banget sih. Sudah bisa jadi sumber oksigen, bisa pula menyerap kadar amonia dan tempat tinggal ikan-ikan yang masih agresif.

Karakteristik Tanaman Air Hias Java Moss 

Sebelum memilih tanaman hias satu ini, kamu perlu mengetahui karakteristiknya terlebih dahulu. Karena dengan demikian, tentu akan mempermudah kamu dalam  melakukan banyak hal. Nah, tumbuhan Taxiphyllum ini mempunyai karakter yang sangat keren, karena tidak rewel sama sekali. Ia adalah tipe yang mudah beradaptasi dengan lingkungan sekitar.

Selain itu, kamu juga tidak perlu melakukan perawatan khusus yang ‘ribet’, karena Taxiphyllum tidak membutuhkannya. Sehingga sangat worth it untuk menghiasi semua aquascape di rumah. Selain itu, tanaman ini juga bisa hidup dengan berbagai air dan nutrisi. Daunnya yang bercabang akan menempel dengan sangat mudah ke bebatuan, kayu, atau apa saja yang bisa dijangkau dan dibungkusnya. Hanya saja, ia adalah tipikal tumbuhan yang agak lambat tumbuhnya. Dan untuk sedikit mempercepat pertumbuhannya, kamu perlu memberikan pencahayaan yang baik untuknya.

Tanaman Java Moss ini akan tumbuh secara menyebar, baik itu dengan bentuk yang vertikal maupun horizontal di tiap lapisannya. Apabila kamu menyediakan sistem penyaringan yang tepat dan baik, tentu ia akan membuat si Jva ini tetap bersih dan bebas dari berbagai kotoran yang akan menempel pada tubuhnya.

Sehingga, kamu perlu memilih sistem penyaringan aquarium yang berkualitas ya. Agar tumbuhan ini berkembang biak secara sempurna, kamu bisa memangkas cabang daunnya. Dan berdasarkan dari berbagai pengalaman, ada yang menemukan fenomena unik, bahwa sisa tanaman ini pun bisa menjadi tumbuhan. Proses penanamannya juga sangat mudah. Kamu hanya perlu meletakkannya ke bagian objek aquarium dengan menggunakan benang ataupun tali pancing.

Kemudian aplikasikan tanaman ini dengan menempelkannya ke objek aquariumnya. Dan tunggu saja hingga beberapa minggu. Maka ia akan mulai menempel pada objek yang tadinya sudah kamu sediakan. Sampai benang atau tali pancingnya akan tertutup. Atau, jika tidak ingin menggunakan tali atau benang, kamu bisa kok menjepitkan tangan ini di antara 2 buah kawat mesh untuk media Java Moss nya.

Harga Java Moss

Mungkin, dengan mengetahui keunggulannya, karakteristik, hingga bagaimana cara menanamnya, kamu akan berpikir, bahwa harganya cukup mahal. Ia kan? Tenang saja, segala keindahan dan kelebihan yang dimiliki oleh Java Moss tidak lantas membuat harganya menjadi mahal kok.

Dan biasanya, harganya akan menyesuaikan dengan ukuran yang kamu beli. Untuk harga yang paling murah biasanya dibandrol dari harga Rp. 8.000 saja. Itu untuk yang kecil ya. sementara untuk yang besarnya hanya Rp. 45.000 loh. Murah sekali bukan? Tentu, harga ini jauh dari bayangan kamu kan? Tenang. Siapkan uang Rp.50.000 saja, maka kamu sudah bisa mendapatkan tanaman ini yang berukuran besar.

Jadi tunggu apa lagi, yuk sedikana Java Moss untuk aquascape kamu di rumah. Semoga bermanfaat.

Kangaroo.my.id

arif Iqbal Seorang hamba yang memiliki rasa ingin tahu untuk mempelajari Makhluk Hidup, Teknologi, Otomotif, Makanan, dan Gaya Hidup.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!